Game 2 Dimensi

( Adobe Flash, Adobe Director)

Game dua dimensi dilihat dari keadaan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second).
Game dua dimensi ini memiliki 2 konsep, yaitu:
– Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh: Pac-man, Space Invader, Mario Bros, dan game-game sederhana lainnya.

angry-birds-22

Grafik komputer 2D adalah objek digital berbasis komputer, yang mengambil objek-objek dua dimensi. Model Grafik 2D adalah kumpulan model geometri/grafik vektor, gambar digital, fungsi matematika, dan sebagainya. Model-model ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer), nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).

PENGEMBANGAN DESAIN GAME 2 DIMENSI

Salah satu peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Pelatihan Desain Game 2 Dimensi PPDGM ini adalah mengadakan pelatihan pengembangan Pelatihan Desain Game 2 Dimensi

PELAKSANAAN PELATIHAN :

  1. Pelatihan In House Training
  2. Pelatihan di Tunjuk PPDGM

PELATIHAN DESAIN IN HOUSE TRAINING

Penyelenggara adalah instansi / dinas  / komunitas  dll yang sengaja mengundang instruktur dan tim untuk mengadakan pelatihan Pelatihan Desain Game 2 Dimensi di kantornya

Waktu & Tempat :

  1. Waktu berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM untuk menentukan schedule waktu pelaksanaan.
  2. Tempat pelaksanaan di tempat yang telah di tentukan penyelenggara di Kantor.

Jumlah Peserta :

Maksimal peserta berjumlah 30 orang atau menyesuaikan

Biaya Pelatihan :

  1. 1 Hari : Rp. 5.000.000
  2. 3 Hari : Rp. 9.500.000*
  3. 3 Hari : Rp. 14.500.000*

* Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Desain Game 2 Dimensi Eksklusif untuk produk masing-masing peserta (berlaku10 peserta ), Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Desain Game 2 Dimensi peserta.

Keterangan :

  1. Biaya bisa menyesuaikan anggaran.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih ( total 3 orang),
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat, (asumsi peserta 30 orang).
  4. Biaya tersebut tidak termasuk biaya akomodasi untuk 3 orang (tranportasi/tiket, penginapan) .

 PELATIHAN DI TUNJUK PPDGM

Penyelenggara adalah PPDGM dimana Peserta datang dari daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti tempat Pelatihan Desain Game 2 Dimensiyang telah ditunjuk PPDGM.

 Waktu & Tempat :

Waktu minimal 3 hari, khusus pendalaman Desain Game 2 Dimensi7 hari, tanggal berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM. Tempat pelatihan di sediakan oleh PPDGM Jumlah Peserta : Minimal peserta adalah 7 orang yang merupakan  utusan / delegasi dari kantor/instansi terkait.
Biaya Pelatihan :

Rp. 850.000 / orang / hari.

Keterangan :

  1. Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Desain Game 2 DimensiEksklusif untuk produk peserta, Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Desain Game 2 Dimensipeserta
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih,
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat,
  4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi peserta (Makan 3x, Snack, Hotel dan wisata )
  5. Biaya tersebut sudah termasuk biaya gedung pelatihan dan LCD, layar, sound dll..

MATERI PELATIHAN :

  1. Peserta akan dibekali dengan praktek-praktek terkait membuat Desain Grafis & Multimedia yang nantinya bisa diaplikasikan dalam usahanya, dan wawasan-wawasan yang sangat penting dipahami dalam mengembangkan usahanya.
  2. Praktek membuat / merancang macam-macam bentuk Desain Grafis & Multimedia yang kreatif, mudah dengan aneka bahan dan harga terjangkau serta sesuai produk.
  3. Praktek kreatif mendesain Desain Grafis & Multimedia dengan Software Adobe, Autodesk, dll,- Serta Praktek gambar, ilustrasi dll..

 Adapun teori adalah sebagai berikut

  1. Mempelajari karakter dari animasi.
  2. Pengenalan ekspresi emosi
  3. Pengenalan story board
  4. Pengenalan prinsip dasar animasi, seperti:

– Pose dan gerakan antara (Pose-To-Pose Action and Inbetween)

– Pengaturan waktu (Timing)

– Gerakan sekunder (Secondary Action)

– Akselerasi gerak (Ease In and Out )

– Antisipasi (Anticipation)

– Gerakan penutup dan perbedaan waktu gerak (Follow

– Through and Overlapping Action)

– Gerak melengkung (Arcs)

– Dramatisasi gerakan (Exaggeration)

– Elastisitas (Squash and Stretch)

– Penempatan di bidang gambar (Staging)

– Daya tarik karakter (Appeal)

– Penjiwaan peran (Personality)

  1. Pengenalan pencahayaan
  2. Sumber cahaya ‘Ambient’, langsung, titik, dan lainnya
  3. Hukum Cosinus Lambert/ difusi
  4. Model Phong
  5. Pengenalan bayangan
  6. Model Bayangan : Direct Line
  7. Flat shading
  8. Gouraud shading
  9. Phong shading
  • Model Bayangan : Indirect Line
  • Illumination
  • Render dengan ray tracing
  • Pembentukan sinar
  • Interseksi sinar-obyek dan contohnya
  • Interseksi world-space
  • Vektor Normal pada titik interseksi
  • Transformasi vektor Normal
  • Piksel
  • Ray tracing rekursif
  • Permukaan tembus (transparan)

Outline :

Hari Pertama:

09:00 – 10:00 : Opening, Ice Breaking & Training Contract

10:00 – 10:15 : Coffee Break

10:15 – 11:00 : Pengenalan Pelatihan Game 2 Dimensi

11:00 – 13:00 : Materi 1 Pelatihan Game 2 Dimensi

13:00 – 13:00 : Lunch break

13:00 – 14:00 : Materi 2 Pelatihan Game 2 Dimensi

14:00 – 15:00 : Materi 3 Pelatihan Game 2 Dimensi

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 17:00 : Materi 4 Pelatihan Game 2 Dimensi

Hari Kedua:

09:00 – 10:30 : Materi 5 Pendalaman Game 2 Dimensi

10:30 – 10:45 : Coffee break

10:45 – 13:00 : Materi 6 Pendalaman Game 2 Dimensi

13:00 – 13:00 : Lunch  break

13:00 – 14:00 : Materi 7 Pendalaman Game 2 Dimensi

14:00 – 15:00 : Materi 8 Pendalaman Game 2 Dimensi

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 16:30 : kesimpulan

16:30 – 17:00 : Feedback

Setelah Mengikuti Training Ini Peserta :

  1. Peserta mengerti tentang konsep Multimedia dan management Multimedia
  2. Peserta mampu membuat ilustrasi gambar sketsa/gambar bentuk/gambar model
  3. Peserta mampu membuat storyboard film animasi
  4. Peserta mengerti tentang realisme dalam komputer grafik
  5. Peserta mengerti tentang computer 3Dimensi
  6. Peserta mengerti tentang teori pencahayaan dalam komputer grafik
  7. Peserta mengenal model-model pencahayaan Memahami konsep dasar ray tracing
  8. Memahami jenis ray tracing
  9. Memahami konsep dari bayangan

 Fasilitas Training :

  1. Modul / handout
  2. Blocknote dan alat tulis
  3. Flashdisk data
  4. Sertifikat
  5. Konsultasi pasca pelatihan


INSTRUKTUR :

lnstruktur adalah praktisi dan sudah berpengalaman bidang seni, desain dan multimedia serta telah memberikan pelatihan — pelatihan dan solusinya.

 

Booking Pelatihan :

Calendar is loading...