Menggambar & Melukis (anak)

Menggambar adalah membuat gambar. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mencoret, menggores, menorehkan benda tajam ke benda lain dan memberi warna, sehingga menimbulkan gambar. Sebelum memahami teknik menggambar untuk anak usia dini, ada baiknya anda memahami fungsi gambar bagi perkembangan anak. Untuk mengetahuinya, anda dipersilahkan mengamati perilaku anak di rumah.

menggambar yang dilakukan oleh anak merupakan kegiatan naluriah, seperti halnya makan, minum, berbicara dan bercerita kepada orang lain. Rasa seni dimulai dengan bagaimana anak bisa menata benda-benda disekitarnya. Jika hal tersebut tidak dilakukan oleh anak, maka pendidikan atau orangtua anak perlu segera mendidik dan membimbingnya. Rasa seni ini akan dipelihara sehingga mampu mewujudkan keindahan. Untuk melihat keindahan yang dihasilkan anak secara sederhana dapat dilihat pada cara memenuhi kebutuhan sehari-hari.

MELUKIS BAGI ANAK USIA DINI

Tujuan pendidikan seni untuk anak adalah untuk meningkatkan kreativitas, kepekaan rasa serta kemampuan mengutarakan pendapat melalui berkarya seni. Artinya anak-anak belajar seni bukan ditujukan untuk menjadikan mereka seniman. Keterampilan berkarya seni sebenarnya seperti keterampilan berbicara. Melalui seni anak dapat mengutarakan pendapatnya dalam bentuk gambar atau lainnya. Memahami karya seni anak tidak seperti memahami lukisan orang dewasa yang penuh dengan penataan warna dan bentuk-bentuk yang jelas. Lukisan anak adalah media untuk mengutarakan pendapatnya, di dalamnya terkandung seribu makna yang tidak dipunyai oleh orang tua. Anak melukis selayaknya bermain kertas atau benda-benda mainan yang lain.

  1. Melukis dan Manfaatnya bagi AUD

Berdasarkan arti melukiskan adalah membayangkan, maka objek yang ada di depan mata dibayangkan, dikaitkan, diasosiasikan, diimajinasikan dengan objek yang pernah masuk dalam ingatan. Suatu contoh: misalnya, melihat kursi yang nyaman kemudian teringat kursi di rumah yang telah rusak. Dari perpaduan bentuk ini, kita berniat menciptakan dan membayangkan kursi yang masih baik, namun dirasakan tidak nyaman diduduki. Atau melambangkan kursi yang diduduki adalah jabatan yang menjanjikan, kursi lambang kedudukan dan seterusnya. Dan juga contoh lainnya misalnya kubayangkan wajahmu seperti bidadari dalam impianku semalam. Kata kubayangkan berarti memberikan kemungkinan mengajak seseorang untuk melamun dan meneruskan kepada hal yang hampir mirip dengan wajah yang di bayangkan. Bentuk ungkapan ini dapat berupa gambar yang dapat dilihat mata dengan realistis (nyata) maupun tidak (abstrak) yang mementingkan ungkapan pikiran dan rasa seketika dengan spontan. Gambaran ini dapat diubah warna maupun tampilan bentuknya sesuai dengan keinginan orang yang melukiskan. Melukis adalah memvisualkan (menyatakan bentuk) bayangan dalam bentuk gambar.

  1. Perbedaan Melukis dan Menggambar

Perbedaan utama melukis dengan menggambar adalah: objek yang ditampilkan akan berbeda, walaupun objek yang diamati sama. Tujuan menggambar adalah melatih ketelitian melalui pengamatan dengan seksama. Contoh: Ketika seseorang menggambar alam benda, maka hasil karya harus sama dengan yang digambar, baik sifat maupun bentuknya. Namun, di dalam melukis, perupa diperbolehkan membayangkan dan mengubah warna atau bentuk (jika perlu) sehingga yang digambar adalah bayangan terhadap objek yang dihadapi. Melukis mempunyai sifat lebih bebas daripada menggambar. Keterikatan mencurahkan perasaan diperbolehkan sehingga objek yang dilihat seolah-olah sebagai dorongan untuk mencipta karya seni. Namun demikian, dalam konstelasi dunia seni lukis terdapat lukisan realis dan non-realis. Lukisan realis, yaitu lukisan yang menggambarkan kondisi nyata, pelukis mengarahkan objek lukisan kepada hal senyatanya. Lukisan non-realis, yaitu lukisan yang menampilkan figure-figur yang tidak senyatanya, yang tampak oleh mata secara wajar.

  1. Manfaat Melukis Bagi Perkembangan Anak

Manfaat menggambar sama dengan melukis. Proses kerja kejiwaan yang terjadi ketika anak melukis sama dengan menggambar. Oleh beberapa ahli, perbedaan melukis dan menggambar terletak pada hasilnya. Menggambar menghasilkan dominasi goresan atau garis dalam gambarnya, sedangkan melukis menghasilkan kesan kuas yang lebih menonjolkan warna. Melukis condong dikatakan lebih ekspresif dibandingkan dengan menggambar.

http://www.psihoterapieconfident.ro/wp-content/uploads/


PENGEMBANGAN MENGGAMBAR & MELUKIS (ANAK)      

Salah satu peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      PPDGM ini adalah mengadakan pelatihan pengembangan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

PELAKSANAAN PELATIHAN :

  1. Pelatihan In House Training
  2. Pelatihan di Tunjuk PPDGM

PELATIHAN DESAIN IN HOUSE TRAINING

Penyelenggara adalah instansi / dinas  / komunitas  dll yang sengaja mengundang instruktur dan tim untuk mengadakan pelatihan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      di kantornya

Waktu & Tempat :

  1. Waktu berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM untuk menentukan schedule waktu pelaksanaan.
  2. Tempat pelaksanaan di tempat yang telah di tentukan penyelenggara di Kantor.

Jumlah Peserta :

Maksimal peserta berjumlah 20 orang atau menyesuaikan

Biaya Pelatihan :

  1. 1 Hari : Rp. 5.000.000
  2. 2 Hari : Rp. 9.500.000*
  3. 3 Hari : Rp. 14.500.000*

* Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      Eksklusif untuk produk masing-masing peserta (berlaku10 peserta ), Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      peserta.

Keterangan :

  1. Biaya bisa menyesuaikan anggaran.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih ( total 3 orang),
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat, (asumsi peserta 20 orang).
  4. Biaya tersebut tidak termasuk biaya akomodasi untuk 3 orang (tranportasi/tiket, penginapan) .

 PELATIHAN DI TUNJUK PPDGM

Penyelenggara adalah PPDGM dimana Peserta datang dari daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti tempat Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      yang telah ditunjuk PPDGM.

 Waktu & Tempat :

Waktu minimal 3 hari, khusus pendalaman Menggambar & Melukis (anak)      7 hari, tanggal berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM. Tempat pelatihan di sediakan oleh PPDGM Jumlah Peserta : Minimal peserta adalah 7 orang yang merupakan  utusan / delegasi dari kantor/instansi terkait.
Biaya Pelatihan :

Rp. 850.000 / orang / hari.

Keterangan :

  1. Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)     Eksklusif untuk produk peserta, Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)      peserta
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih,
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat,
  4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi peserta (Makan 3x, Snack, Hotel dan wisata )
  5. Biaya tersebut sudah termasuk biaya gedung pelatihan dan LCD, layar, sound dll..

MATERI PELATIHAN :

  1. Peserta akan dibekali dengan praktek-praktek terkait membuat Menggambar & Melukis (anak)     yang nantinya bisa diaplikasikan dalam usahanya, dan wawasan-wawasan yang sangat penting dipahami dalam mengembangkan usahanya.
  2. Praktek membuat / merancang macam-macam bentuk Menggambar & Melukis (anak)     yang kreatif, mudah dengan aneka bahan dan harga terjangkau serta sesuai produk.
  3. Praktek kreatif mendesain Menggambar & Melukis (anak)

 

Outline :

Hari Pertama:

09:00 – 10:00 : Opening, Ice Breaking & Training Contract

10:00 – 10:15 : Coffee Break

10:15 – 11:00 : Pengenalan Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

11:00 – 12:00 : Materi 1 Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

12:00 – 13:00 : Lunch break

13:00 – 14:00 : Materi 2 Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

14:00 – 15:00 : Materi 3 Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 17:00 : Materi 4 Pelatihan Menggambar & Melukis (anak)

Hari Kedua:

09:00 – 10:30 : Materi 5 Pendalaman Menggambar & Melukis (anak)

10:30 – 10:45 : Coffee break

10:45 – 12:00 : Materi 6 Pendalaman Menggambar & Melukis (anak)

12:00 – 13:00 : Lunch  break

13:00 – 14:00 : Materi 7 Pendalaman Menggambar & Melukis (anak)

14:00 – 15:00 : Materi 8 Pendalaman Menggambar & Melukis (anak)

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 16:30 : kesimpulan

16:30 – 17:00 : Feedback

Setelah Mengikuti Training Ini Peserta :

  1. Peserta mampu menggambar sesuai perkembangan jaman
  2. Peserta memahami dan mampu membuat ulang desain dengan reproduksi desain
  3. Peserta mampu membuat layout desain dengan berbagai teknik

Fasilitas Training :

  1. Modul / handout
  2. Blocknote dan alat tulis
  3. Flashdisk data
  4. Sertifikat
  5. Konsultasi pasca pelatihan


INSTRUKTUR :

lnstruktur adalah praktisi dan sudah berpengalaman bidang seni, desain dan multimedia serta telah memberikan pelatihan — pelatihan dan solusinya.


Booking Pelatihan :

Calendar is loading...