Internet / blog ; domain/hosting

Pengertian dari internet ( interconnection networking) sendiri adalah  jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

Internet merupakan singkatan dari interconnected networkingyang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.

Materi Internet :

Internet yang sering disebut dengan jagad raya informasi menyajikan sekian banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet. Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet, antara lain :

1. WWW
 World Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
 Untuk membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper Text Markup Language (HTML). HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen yang biasanya ber-extention *.htm atau *.html.
 Untuk mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).

2. Email
 Email merupakan surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima antar pengguna komputer. Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan ke individu lainnya dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik.
 Saat ini perkembangan email sangatlah pesat, email tidak hanya berisi teks saja. Kita bisa melampirkan file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.

3. Mailing List
 Mailing List atau yang sering disebut dengan milis merupakan salah satu discussion group yang terdapat pada internet. Untuk menjadi anggota sebuah milis, kita terlebih dahulu mengirimkan email ke subsription address dan menunggu persetujuan dari moderator  milis tersebut. Biasanya, anggota dari milis saling bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.

4. BBS
 Bulletin Board System atau yang biasa disingkat BBS merupakan suatu pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang tertentu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain-lain.
 Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna dapat bertukar pikiran dengan pengguna lainnya pada topik tertentu. Biasanya, pengguna yang mengakses BBS dapat mengunggah maupun mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.

5. Chatting
 Chatting merupakan percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime dengan memanfaatkan jaringan internet. Bagi pengguna komputer yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan webcam, maka mereka dapat chatting dengan melihat wajah pengguna lain yang di ajak chatting tersebut.

6. Newsgroup
 Sama halnya dengan milis, newsgroup juga merupakan salah satu discussion group yang ada di internet. Untuk mengakses suatu newsgrup, diperlukan jaringan komputer khusus yang biasa disebut UseNet.
 Umumnya, setiap newsgroup di atur berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik dibawahnya.

7. FTP
 FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet. Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.
 FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

8. Gopher
 Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/ IP yang dirancang khusus untuk keperluan distribusi, pencarian, maupun pengambilan dokumen melalui jaringan internet.

PENGEMBANGAN INTERNET / BLOG ; DOMAIN/HOSTING  

Salah satu peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  PPDGM ini adalah mengadakan pelatihan pengembangan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

PELAKSANAAN PELATIHAN :

  1. Pelatihan In House Training
  2. Pelatihan di Tunjuk PPDGM

PELATIHAN DESAIN IN HOUSE TRAINING

Penyelenggara adalah instansi / dinas  / komunitas  dll yang sengaja mengundang instruktur dan tim untuk mengadakan pelatihan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  di kantornya

Waktu & Tempat :

  1. Waktu berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM untuk menentukan schedule waktu pelaksanaan.
  2. Tempat pelaksanaan di tempat yang telah di tentukan penyelenggara di Kantor.

Jumlah Peserta :

Maksimal peserta berjumlah 20 orang atau menyesuaikan

Biaya Pelatihan :

  1. 1 Hari : Rp. 5.000.000
  2. 2 Hari : Rp. 9.500.000*
  3. 3 Hari : Rp. 14.500.000*

* Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  Eksklusif untuk produk masing-masing peserta (berlaku10 peserta ), Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  peserta.

Keterangan :

  1. Biaya bisa menyesuaikan anggaran.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih ( total 3 orang),
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat, (asumsi peserta 20 orang).
  4. Biaya tersebut tidak termasuk biaya akomodasi untuk 3 orang (tranportasi/tiket, penginapan) .

 PELATIHAN DI TUNJUK PPDGM

Penyelenggara adalah PPDGM dimana Peserta datang dari daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti tempat Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  yang telah ditunjuk PPDGM.

Waktu & Tempat :

Waktu minimal 3 hari, khusus pendalaman Internet / blog ; domain/hosting  7 hari, tanggal berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM. Tempat pelatihan di sediakan oleh PPDGM Jumlah Peserta : Minimal peserta adalah 7 orang yang merupakan  utusan / delegasi dari kantor/instansi terkait.

Biaya Pelatihan :

Rp. 850.000 / orang / hari.

Keterangan :

  1. Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting Eksklusif untuk produk peserta, Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting  peserta
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih,
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat,
  4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi peserta (Makan 3x, Snack, Hotel dan wisata )
  5. Biaya tersebut sudah termasuk biaya gedung pelatihan dan LCD, layar, sound dll..

MATERI PELATIHAN :

  1. Peserta akan dibekali dengan praktek-praktek terkait membuat Internet / blog ; domain/hosting yang nantinya bisa diaplikasikan dalam usahanya, dan wawasan-wawasan yang sangat penting dipahami dalam mengembangkan usahanya.
  2. Praktek membuat / merancang macam-macam bentuk Internet / blog ; domain/hosting yang kreatif, mudah dengan aneka bahan dan harga terjangkau serta sesuai produk.
  3. Praktek kreatif mendesain Internet / blog ; domain/hosting dengan Software Micosoft, Macromedia, Corel , Adobe, Autodesk, Html, php dll,- Serta Praktek gambar, Photografi, videografi dll..

 

Outline :

Hari Pertama:

09:00 – 10:00 : Opening, Ice Breaking & Training Contract

10:00 – 10:15 : Coffee Break

10:15 – 11:00 : Pengenalan Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

11:00 – 12:00 : Materi 1 Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

12:00 – 13:00 : Lunch break

13:00 – 14:00 : Materi 2 Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

14:00 – 15:00 : Materi 3 Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 17:00 : Materi 4 Pelatihan Internet / blog ; domain/hosting

Hari Kedua:

09:00 – 10:30 : Materi 5 Pendalaman Internet / blog ; domain/hosting

10:30 – 10:45 : Coffee break

10:45 – 12:00 : Materi 6 Pendalaman Internet / blog ; domain/hosting

12:00 – 13:00 : Lunch  break

13:00 – 14:00 : Materi 7 Pendalaman Internet / blog ; domain/hosting

14:00 – 15:00 : Materi 8 Pendalaman Internet / blog ; domain/hosting

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 16:30 : kesimpulan

16:30 – 17:00 : Feedback

Setelah Mengikuti Training Ini Peserta :

  1. Peserta mampu mendesain sesuai perkembangan jaman
  2. Peserta akan mengetahui prinsip kerja gambar yaitu bitmap ,victor, dpi, lpi dan resolution
  3. Pesertta mampu membuat FA siap cetak
  4. Peserta memahami dan mampu membuat ulang desain dengan reproduksi desain
  5. Peserta mengenal mesin cetak dan teknik kerja mesin cetak
  6. Peserta mampu membuat layout desain dengan berbagai teknik dan cetak.

Fasilitas Training :

  1. Modul / handout
  2. Blocknote dan alat tulis
  3. Flashdisk data
  4. Sertifikat
  5. Konsultasi pasca pelatihan


INSTRUKTUR :

lnstruktur adalah praktisi dan sudah berpengalaman bidang seni, desain dan multimedia serta telah memberikan pelatihan — pelatihan dan solusinya.


Booking Pelatihan :

Calendar is loading...