Cetak Datar/offset

Teknik cetak datar atau biasa disebut offset adalah teknik cetak dimana bagian yang mencetak kedudukannya sama datar dengan bagian yang tak mencetak. Cetak offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan saat ini. Karena telah terbukti teknik cetak yang satu ini memang memiliki banyak keunggulan dibanding teknik-teknik lainnya. Kecepatan, kemampuan, dan kemajuan teknologinya bisa dibilang sebagai kekuatan utama cetak offset. Bagaimana tidak, mesin offset tersedia dalam beberapa pilihan. Mulai dari mesin satu warna seperti Hiedelberg GTO 52, Printmaster, Speed Master, Roland, hingga mesin-mesin web berukuran besarpun ada. Cetak offset mengadopsi teknik cetak datar, dimana image area dan non image area sama tingginya. Namun apakah sebenarnya cetak offset itu.

Offset berasal dari kata set-off (beralih), dimana lapisan tinta yang ada di pelat cetak tidak langsung dialihkan ke permukaan bahan cetak tetapi diberikan dulu kepada sebuah blanket sebagai perantaranya. Karena proses peralihan tadi, maka dalam mesin cetak offset setidaknya terdapat tiga buah silinder utama, yaitu silinder pelat, silinder blanket, dan silinder impresion. Dan karena dalam cetak offset tinta harus melalui blanket terlebih dahulu sebelum mencapai permukaan bahan cetak, maka cetak offset termasuk teknik cetak tidak langsung.

Sama seperti stempel anda di rumah, pelat cetak offset juga terdiri dari dua bagian, yaitu image area yang nantinya akan membentuk gambar dan non image area. Bedanya juga pada stempel acuan cetaknya bergelombang, maka tidak pada cetak offset, dalam cetak offset pelat cetak yang digunakan itu datar.

Cetak offset disebut juga chemical printing technique atau teknik cetak kimia, karena dalam prosesnya cetak offset memanfaatkan sifat tolak-menolak antara air dan minyak. Air yang dimaksud adalah air pembasah yang digunakan dalam cetak offset, dan minyak dianalogikan sebagai tinta yang digunakan dalam proses cetak. Bagian image area pada pelat cetak offset terbuat dari lapisan Oleophylic yang bersifat menolak air dan menerima tinta. Sebaliknya bagian non image area terbuat dari lapisan hidrophylicyang menerima air dan akan menolak tinta.

Seperti diketahui bahwa air mustahil melekat pada permukaan yang licin, maka dari itu permukaan bagian oleophylic dibuat licin, sedangkan hydrophylic kasar. Dalam proses cetak offset sendiri, pertama-tama pelat akan diberi lapisan air, dan karena sifat-sifat bagian pelat tadi maka bagian hidrophylic pun akan terlapisi oleh air, sedangkan bagian oleophylic akan tetap kering. Pada tahap selanjutnya, pelat cetak akan dilapisi oleh tinta, dan karena bagianhidropylic telah terlapisi oleh air, maka mustahil tinta akan melekat diatasnya, dan karena bagian oleophylic mampu menarik tinta, maka bagian itu pun akan terlapisi oleh tinta, dan gambar-pun akan terbentuk.

Heidelberg_Speed_master_102V_Offset_Machine
Ciri-ciri Mesin Offset
Terdapat beberapa ciri-ciri mesin offset
  • Digerakan menggunakan listrik dengan komponen mekanis
  • Mencetak dengan master yang disebut paper plate
  • Proses pencetakannya dibantu dengan zat kimia yang disebut fixer serta air dengan cara pemindahan huruf pada blanket
  • Dapat mencetak pada kertas doorslag sampai dengan kertas karon berukuran A6 (105 x 108 mm) sampai ukuran A0
  • Dapat mencetak gambar atau foto dan berwarna
Keunggulan dengan pencetakan Offset dibadingkan dengan Printer
  • Hasil cetak pada kwalitas warna adalah jauh lebih tahan lama (tidak cepat pudar) dibandingkan menggunakan print digital.
  • Harga Pencetakan dalam kwantitas banyak akan jauh lebih murah dibandingkan digital print. Dapat melakukan pencetakan di berbagai permukaan jenis media kertas yang tidak dapat di lakukan oleh mesin digital, seperti dapat mencetak dalam ketebalan kertas sampai 400gr,
  • mampu mencetak pada bidang kertas bermotif seperti Samson, Embossed /Engrave Paper, kertas recycle, dapat mencetak diatas kertas ukuran sampai 100 x 70 cm. Dapat mencetak pada bidang kertas yang relatif tipis seperti yang sering digunakan untuk Buku Nota NCR, HVS & Dorslag
  • Dapat menggunakan tinta berjenis Emas, Silver dan bilamana mencetak dengan warna gradiasi Abu-abu (Grayscale) maka hasil akan jauh lebih akurat dari pencetakan digital.
  • Dapat mencetak dengan tinta Full Block dengan hasil yang tajam dan merata. Pencetakan tinta dengan cara block ini sering dipergunakan untuk pembuatan design type negatif.

PENGEMBANGAN CETAK DATAR/OFFSET   

Salah satu peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Pelatihan Cetak Datar/offset   PPDGM ini adalah mengadakan pelatihan pengembangan Pelatihan Cetak Datar/offset

PELAKSANAAN PELATIHAN :

  1. Pelatihan In House Training
  2. Pelatihan di Tunjuk PPDGM

PELATIHAN DESAIN IN HOUSE TRAINING

Penyelenggara adalah instansi / dinas  / komunitas  dll yang sengaja mengundang instruktur dan tim untuk mengadakan pelatihan Pelatihan Cetak Datar/offset   di kantornya

Waktu & Tempat :

  1. Waktu berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM untuk menentukan schedule waktu pelaksanaan.
  2. Tempat pelaksanaan di tempat yang telah di tentukan penyelenggara di Kantor.

Jumlah Peserta :

Maksimal peserta berjumlah 20 orang atau menyesuaikan

Biaya Pelatihan :

  1. 1 Hari : Rp. 5.000.000
  2. 2 Hari : Rp. 9.500.000*
  3. 3 Hari : Rp. 14.500.000*

* Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Cetak Datar/offset   Eksklusif untuk produk masing-masing peserta (berlaku10 peserta ), Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Cetak Datar/offset   peserta.

Keterangan :

  1. Biaya bisa menyesuaikan anggaran.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih ( total 3 orang),
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat, (asumsi peserta 20 orang).
  4. Biaya tersebut tidak termasuk biaya akomodasi untuk 3 orang (tranportasi/tiket, penginapan) .

 PELATIHAN DI TUNJUK PPDGM

Penyelenggara adalah PPDGM dimana Peserta datang dari daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti tempat Pelatihan Cetak Datar/offset   yang telah ditunjuk PPDGM.

 Waktu & Tempat :

Waktu minimal 3 hari, khusus pendalaman Cetak Datar/offset   7 hari, tanggal berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM. Tempat pelatihan di sediakan oleh PPDGM Jumlah Peserta : Minimal peserta adalah 7 orang yang merupakan  utusan / delegasi dari kantor/instansi terkait.
Biaya Pelatihan :

Rp. 850.000 / orang / hari.

Keterangan :

  1. Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Cetak Datar/offset  Eksklusif untuk produk peserta, Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Cetak Datar/offset   peserta
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih,
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat,
  4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi peserta (Makan 3x, Snack, Hotel dan wisata )
  5. Biaya tersebut sudah termasuk biaya gedung pelatihan dan LCD, layar, sound dll..

MATERI PELATIHAN :

  1. Peserta akan dibekali dengan praktek-praktek terkait membuat Cetak Datar/offset  yang nantinya bisa diaplikasikan dalam usahanya, dan wawasan-wawasan yang sangat penting dipahami dalam mengembangkan usahanya.
  2. Praktek membuat / merancang macam-macam bentuk Cetak Datar/offset  yang kreatif, mudah dengan aneka bahan dan harga terjangkau serta sesuai produk.
  3. Praktek kreatif mendesain Cetak Datar/offset  dengan Software Micosoft, Macromedia, Corel , Adobe, Autodesk, Html, php dll,- Serta Praktek gambar, Photografi, videografi dll..

 Adapun teori adalah sebagai berikut

  1. Mengenal Jenis Produk desain dan Bahan produk
    Tujuan : Dapat mengetahui cara membedakan Produk desain berdasarkan fungsi,jenis dan bahannya, Peserta mengetahui Produk desain yang sesuai untuk produknya.
  1. Produk desain Standar
    Tujuan : mengetahui standar Produk desain yang sesuai dengan produk mereka dan bisa mengangkat / menambah nilai jual produk mereka..
  1. Kreatifitas Produk desain
    Tujuan : Dapat mengetahui pemilihan Produk desain berdasarkan karakter produk,dapat mengetahui strategi kreatif design,dapat mengetahui perencanaan Produk desain.
  1. Pengenalan berbagai mesin cetak dan alat penunjang
    Tujuan : Supaya bisa mengenal & memakai mesin-mesin produksi yang dibutuhkan.
  1. Labelling dan Pengunaan Barcode, P-IRT, Logo Halal
    Tujuan : Dapat mengetahui jenis-jenis informasi yang dicantumkan dalam produk, dapat mengetahui pemilihan informasi yang akan dicantumkan dalam kemasan. Peserta dapat mengetahui persyaratan dan ketentuan dalam labeling. Dapat mengetahui apa itu barcode, fungsi dan manfaat Barcode, pembuatan Barcode, cara dan persyaratan pendaftarannya.
  1. Branding/Merk dan Cara Pendaftarannya.
    Tujuan : mengetahui pentingnya merk. mengetahui cara memilih nama merk yang tepat. mengetahui cara mendaftarkan merk.
  1. Kemasan yang menarik dengan dana yang minimal
    Tujuan : mampu mensiasati bagaimana meminalisir biaya pembuatan Produk desain.
  1. Trend Produk desain
    Tujuan : mampu menganalisa pasar dan mengikuti trend produk baik dari fisik maupun desain.
  1. Pengaruh Produk desain terhadap penjualan

 

Setelah Mengikuti Training Ini Peserta :

  1. Peserta mampu mendesain sesuai perkembangan jaman
  2. Peserta akan mengetahui prinsip kerja gambar yaitu bitmap ,victor, dpi, lpi dan resolution
  3. Pesertta mampu membuat FA siap cetak
  4. Peserta memahami dan mampu membuat ulang desain dengan reproduksi desain
  5. Peserta mengenal mesin cetak dan teknik kerja mesin cetak
  6. Peserta mampu membuat layout desain dengan berbagai teknik dan cetak.

Materi Cetak Datar:

1

4

3

2

Fasilitas Training :

  1. Modul / handout
  2. Blocknote dan alat tulis
  3. Flashdisk data
  4. Sertifikat
  5. Konsultasi pasca pelatihan


INSTRUKTUR :

lnstruktur adalah praktisi dan sudah berpengalaman bidang seni, desain dan multimedia serta telah memberikan pelatihan — pelatihan dan solusinya.

 


 

Booking Pelatihan :

Calendar is loading...