Animasi 3 Dimensi

(3D studio Max/ Maya)

Merupakan adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada gambar dua dimensi. Biasanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y dan Z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

http://spot-life.xtgem.com/gambar4/

Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu

Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil.

Proses pembuatan grafis komputer 3D dapat dibagi secara sekuens menjadi 3 fase dasar:

  • Modeling : Proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan.
  • Animation : Mendefinisikan perpindahan objek.
  • Rendering : Proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer.

 

Modelling

Hampir seluruh model 3D dapat dibagi menjadi 2 kategori :

  • Solid : Model ini mendefinisikan volume dari objek yang mereka tampilkan (seperti batu). Model ini lebih realistis, namun lebih sulit untuk dibangun, Model solid kebanyakan digunakan untuk simulasi nonvisual seperti simulasi medis dan teknik, untuk CAD dan aplikasi visual khusus seperti ray tracing dan konstruksi geometri solid.
  • Shell / Boundary :Modeil ini menggambarkan permukaan seperti batas objek, bukan volumenya (seperti cangkang yang sangat tipis). Model ini lebih mudah dikerjakan daripada model solid. Kebanyakan model visual yang digunakan dalam game dan film adalah model shell.

Materi Animasi 3D :

  • Shading : Bagaimana warna dan tingkat kecerahan permukaan dipengaruhi oleh pencahayaan.
  • Texture-mapping : Metode untuk mengaplikasikan detail pada permukaan.
  • Bump-mapping : Metode simulasi bump skala kecil pada permukaan.
  • Fogging/participating medium : Bagaimana cahaya meredup ketika melewati atmosfir yang tidak bersih atau udara.
  • Shadows : Pengaruh menghalangi cahaya.
  • Soft Shadows : Variasi tingkat gelap yang disebabkan oleh terhalanginya sumber cahaya.
  • Reflection : Seperti cermin atau mengkilap.
  • Transparency (optics), transparency (graphic) atau opacity : Transmisi yang tajam dari cahaya yang melalui objek solid.
  • Transluency : Transmisi cahaya melalui objek solid yang sangat menyebar.
  • Refraction : Pembengkokan cahaya yang terkait dengan transparansi.
  • Diffraction : Pembengkokan, penyebaran dan interferensi cahaya yang melewati suatu objek.
  • Indirect illumination : Permukaan diterangi cahaya yang dipantulkan oleh permukaan lain, bukan langsung daru sumber cahaya.
  • Caustics : Bentuk pencahayaan tidak langsung, pantulan cahaya dari sebuah objek mengkilat atau memfokuskan cahaya melalui objek transparan untuk menghasilkan cahaya ke objek lain.
  • Depth of field : Objek tampil buram atau tidak focus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang objek dalam focus.
  • Motion blur : Objek yang tampil buram karena gerak kecepatan tinggi atau gerakan kamera.
  • Non-photorealistic rendering : Rendering gambar dengan gaya artistic, agar terlihat seperti lukisan atau gambar.

PENGEMBANGAN DESAIN ANIMASI 3 DIMENSI

Salah satu peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi PPDGM ini adalah mengadakan pelatihan pengembangan Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi

PELAKSANAAN PELATIHAN :

  1. Pelatihan In House Training
  2. Pelatihan di Tunjuk PPDGM

PELATIHAN DESAIN IN HOUSE TRAINING

Penyelenggara adalah instansi / dinas  / komunitas  dll yang sengaja mengundang instruktur dan tim untuk mengadakan pelatihan Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi di kantornya

Waktu & Tempat :

  1. Waktu berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM untuk menentukan schedule waktu pelaksanaan.
  2. Tempat pelaksanaan di tempat yang telah di tentukan penyelenggara di Kantor.

Jumlah Peserta :

Maksimal peserta berjumlah 30 orang atau menyesuaikan

Biaya Pelatihan :

  1. 1 Hari : Rp. 5.000.000
  2. 3 Hari : Rp. 9.500.000*
  3. 3 Hari : Rp. 14.500.000*

* Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi Eksklusif untuk produk masing-masing peserta (berlaku10 peserta ), Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi peserta.

Keterangan :

  1. Biaya bisa menyesuaikan anggaran.
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih ( total 3 orang),
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat, (asumsi peserta 30 orang).
  4. Biaya tersebut tidak termasuk biaya akomodasi untuk 3 orang (tranportasi/tiket, penginapan) .

 PELATIHAN DI TUNJUK PPDGM

Penyelenggara adalah PPDGM dimana Peserta datang dari daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti tempat Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi yang telah ditunjuk PPDGM.

 Waktu & Tempat :

Waktu minimal 3 hari, khusus pendalaman Desain Animasi 3 Dimensi 7 hari, tanggal berdasarkan kesepakatan antara penyelengara dengan PPDGM. Tempat pelatihan di sediakan oleh PPDGM Jumlah Peserta : Minimal peserta adalah 7 orang yang merupakan  utusan / delegasi dari kantor/instansi terkait.

Biaya Pelatihan :

Rp. 850.000 / orang / hari.

Keterangan :

  1. Sudah termasuk biaya Subsidi Pengadaan Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi Eksklusif untuk produk peserta, Didalam rangka membantu memberikan tampilan eksklusif Pelatihan Desain Animasi 3 Dimensi peserta
  2. Biaya tersebut sudah termasuk biaya intruktur dan tim pelatih,
  3. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bahan-bahan pelatihan, sertifikat,
  4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi peserta (Makan 3x, Snack, Hotel dan wisata )
  5. Biaya tersebut sudah termasuk biaya gedung pelatihan dan LCD, layar, sound dll..

MATERI PELATIHAN :

  1. Peserta akan dibekali dengan praktek-praktek terkait membuat Desain Grafis & Multimedia yang nantinya bisa diaplikasikan dalam usahanya, dan wawasan-wawasan yang sangat penting dipahami dalam mengembangkan usahanya.
  2. Praktek membuat / merancang macam-macam bentuk Desain Grafis & Multimedia yang kreatif, mudah dengan aneka bahan dan harga terjangkau serta sesuai produk.
  3. Praktek kreatif mendesain Desain Grafis & Multimedia dengan Software Adobe, Autodesk, dll,- Serta Praktek gambar, ilustrasi dll..

 

Adapun teori adalah sebagai berikut

  1. Mempelajari karakter dari animasi.
  2. Pengenalan ekspresi emosi
  3. Pengenalan story board
  4. Pengenalan prinsip dasar animasi, seperti:

– Pose dan gerakan antara (Pose-To-Pose Action and Inbetween)

– Pengaturan waktu (Timing)

– Gerakan sekunder (Secondary Action)

– Akselerasi gerak (Ease In and Out )

– Antisipasi (Anticipation)

– Gerakan penutup dan perbedaan waktu gerak (Follow

– Through and Overlapping Action)

– Gerak melengkung (Arcs)

– Dramatisasi gerakan (Exaggeration)

– Elastisitas (Squash and Stretch)

– Penempatan di bidang gambar (Staging)

– Daya tarik karakter (Appeal)

– Penjiwaan peran (Personality)

  1. Pengenalan pencahayaan
  2. Sumber cahaya ‘Ambient’, langsung, titik, dan lainnya
  3. Hukum Cosinus Lambert/ difusi
  4. Model Phong
  5. Pengenalan bayangan
  6. Model Bayangan : Direct Line
  7. Flat shading
  8. Gouraud shading
  9. Phong shading
  • Model Bayangan : Indirect Line
  • Illumination
  • Render dengan ray tracing
  • Pembentukan sinar
  • Interseksi sinar-obyek dan contohnya
  • Interseksi world-space
  • Vektor Normal pada titik interseksi
  • Transformasi vektor Normal
  • Piksel
  • Ray tracing rekursif
  • Permukaan tembus (transparan)

 

Outline :

 

Hari Pertama:

09:00 – 10:00 : Opening, Ice Breaking & Training Contract

10:00 – 10:15 : Coffee Break

10:15 – 11:00 : Pengenalan Pelatihan Animasi 3 Dimensi

11:00 – 13:00 : Materi 1 Pelatihan Animasi 3 Dimensi

13:00 – 13:00 : Lunch break

13:00 – 14:00 : Materi 2 Pelatihan Animasi 3 Dimensi

14:00 – 15:00 : Materi 3 Pelatihan Animasi 3 Dimensi

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 17:00 : Materi 4 Pelatihan Animasi 3 Dimensi

 

Hari Kedua:

09:00 – 10:30 : Materi 5 Pendalaman Animasi 3 Dimensi

10:30 – 10:45 : Coffee break

10:45 – 13:00 : Materi 6 Pendalaman Animasi 3 Dimensi

13:00 – 13:00 : Lunch  break

13:00 – 14:00 : Materi 7 Pendalaman Animasi 3 Dimensi

14:00 – 15:00 : Materi 8 Pendalaman Animasi 3 Dimensi

15:00 – 15:30 : Coffee break

15:30 – 16:30 : kesimpulan

16:30 – 17:00 : Feedback

Setelah Mengikuti Training Ini Peserta :

  1. Peserta mengerti tentang konsep Multimedia dan management Multimedia
  2. Peserta mampu membuat ilustrasi gambar sketsa/gambar bentuk/gambar model
  3. Peserta mampu membuat storyboard film animasi
  4. Peserta mengerti tentang realisme dalam komputer grafik
  5. Peserta mengerti tentang computer 3Dimensi
  6. Peserta mengerti tentang teori pencahayaan dalam komputer grafik
  7. Peserta mengenal model-model pencahayaan Memahami konsep dasar ray tracing
  8. Memahami jenis ray tracing
  9. Memahami konsep dari bayangan

 

Fasilitas Training :

  1. Modul / handout
  2. Blocknote dan alat tulis
  3. Flashdisk data
  4. Sertifikat
  5. Konsultasi pasca pelatihan


INSTRUKTUR :

lnstruktur adalah praktisi dan sudah berpengalaman bidang seni, desain dan multimedia serta telah memberikan pelatihan — pelatihan dan solusinya.

Booking Pelatihan :

Calendar is loading...